Rabu, 04 Januari 2012

Pentingnya Komunikasi dalam Perpustakaan

Abstrak: Perpustakaan sebagai suatu organisasi tidak lepas dengan adanya komunikasi. Komunikasi merupakan prinsip dasar terjadinya aksi dan reaksi dalam kehidupan manusia termasuk dalam berorganisasi seperti di lingkungan perpustakaan. Makin jelas dan efektif berlangsungnya komunikasi makin banyak pula informasi yang dibutuhkan. Oleh karena itu keberadaan perpustakaan sebagai unit informasi membutuhkan bentuk komunikasi yang efektif dan efisien untuk berjalannya organisasi tersebut dengan baik.

Kata kunci: komunikasi, peranan komunikasi, kegiatan komunikasi, perpustakaan


A. Pentingnya Komunikasi dalam Perpustakaan
Komunikasi merupakan bagian penting yang mendukung keberadaan suatu organisasi termasuk perpustakaan. Tanpa adanya komunikasi dalam organisasi, maka semua pihak hampir tidak mungkin bekerjasama satu sama lain. Demikian pula, suatu koordinasi tidak mungkin dapat dilakukan tanpa adanya komunikasi. Hal ini menunjukkan bahwa komunikasi sangatlah penting, bukan hanya di lingkungan organisasi saja tetapi di seluruh aspek kehidupan. Tanpa adanya komunikasi akan membuat suatu organisasi menjadi hancur. Selanjutnya kerjasama juga tidak mungkin dilakukan apabila orang tidak ada yang mengkomunikasikan kebutuhan dan perasaannya kepada orang lain. Contohnya, jika sebuah unit perpustakaan yang dikelola tidak dengan mekanisme yang benar, misalnya tidak ada peraturan untuk pengguna, tidak ada sanksi atas pelanggaran, tidak ada pembagian tugas yang tegas antar pegawai, kemudian masing-masing staf bekerja sendiri-sendiri, maka dapat dipastikan bahwa organisasi perpustakaan tersebut tidak akan berjalan dengan baik.
Berbagai bentuk komunikasi akan tercipta dalam perpustakaan, misalnya komunikasi formal berdasarkan struktur jabatan(struktural). Sebagai contoh komunikasi antara bawahan dan atasan atau antara pejabat dalam hal kedinasan. Dalam konsep ini umumnya sering terjadi masalah atau hambatan komunikasi, oleh karena itu Henry Fayol dalam Fred Luthan (1981) membuat konsepsi Jembatan Fayol untuk mengatasi hambatan komunikasi formal dalam suatu organisasi.
B. Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar