Senin, 02 Januari 2012

pengertian komunikasi masa menurut beberapa ahli

PENGERTIAN KOMUNIKASI MASSA MENURUT BEBERAPA AHLI:
Michael W. Gamble & Teri Kwal Gamble (1986);
Komunikasi massa itu Komunikatornya mengandalkan peralatan modern untuk menyebarkan pesan secara cepat kepada khalayak secara luas
TANGGAPAN:
Menurut saya, apa yang dikemukakan dua orang di atas tidak terlalu apa ya? kalau tidak salah kurang efektif. Karena mereka mengatakan kalau “mengandalkan peralatan modern”. Padahal tidak semuanya harus menggunakan peralatan yang modern. Kertas pun bisa, seperti pamphlet.



Liliweri 1991, 36
(BUKU: ilmu komunikasi: teori & praktik – 2009 / p.221 / graha ilmu)
Komunikasi massa itu memiliki unsur-unsur seperti: sumber, bidang pengalaman, pesan, saluran, gangguan, hambatan, efek, konteks maupun umpan balik. Jadi, teknologi pembagi atau media dengan massa yang disebut dengan saluran itu dipergunakan untuk mengirimkan pesan yang melintasi jarak jauh, misalnya buku, pamflet, majalah, surat kabar, warkat pos, rekaman-rekaman, televisi, gambar-gambar poster, dan bahkan saat ini ditambah lagi dengan kompter serta aplikasinya dengan jaringan telepon serta satelit.
TANGGAPAN:
Pendapatnya bisa diterima. Tapi tidak 100% untuk saya. Karena “bidang pengalaman” di atas itu membingungkan saya. Apa artinya itu? Saluran mungkin diartikan sebagai medianya. Hambatan bagi saya bisa masuk, tapi tidak sepenuhnya.





Joseph De Vito
(BUKU: communicology: an intro-duction to the study of communication)
Komunikasi massa adalah komunikasi yang ditujukan kepada massa, kepada khalayak yang luar biasa banyaknya. Ini tidak berarti bahwa khalayak meliputi seluruh penduduk atau semua orang yang membaca atau semua orang yang menonton televisi.
Komunikasi massa adalah komunikasi yang disalurkan oleh pemancar-pemancar yang audio dan atau visual. Komunikasi massa barangkali akan lebih mudah dan lebih logis bila didefenisikan menurut bentuknya: televisi, radio, surat kabar, majalah, film, buku dan pita.
TANGGAPAN: saya cukup setuju dengan yang di atas. Singkat, padat, tapi masih ada yang kurang jelas karena pengertiannya sangat singkat.


McQuil (1987) – Teori Komunikasi Massa
komunikasi massa terutama dipengaruhi oleh kemampuan media massa untuk membuat produksi massa dan untuk menjangkau khalayak dalam jumlah besar. Di samping itu, ada pula makna lain _yang dianggap makna asli_ dari kata massa, yaitu makna yang mengacu pada kolektivitas tanpa bentuk, yang komponen-komponennya sulit dibedakan satu sama. Kamus bahasa Inggris memberikan definisi massa sebagai suatu kumpulan orang banyak yang tidak mengenal keberadaan individualitas. Definisi ini ini hampir menyerupai pengertian massa yang digunakan oleh para ahli sosiologi, khususnya bila dipakai dalam kaitannya dengan audien media.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

animasi

Loading...

animasi

Loading...