Senin, 02 Januari 2012

komunikasi dalam pemasaran

Vibizmanagement - Strategic) - Komunikasi adalah bagian yang sangat penting didalam manusia menjalin suatu kerjasama atau percakapan. Dalam Artikel ini saya hendak menjelaskan arti dari Komunikasi Pemasaran. Tetapi sebelum masuk didalam pengertian mengenai komunikasi pemasaran, baiklah kita mengerti apa arti dari komunikasi itu sendiri.
Komunikasi adalah proses melakukan pertukaran dan berbagi arti melalui sekumpulan simbol.

Komunikasi mengandung unsur-unsur penting yaitu :
•    Sumber (source) à (penyampaian komunikasi)
•    Pesan (message) à (sekumpulan symbol – symbol)
•    Media à (saluran komunikasi)
•    Penerima (receiver) à (pendengar / pemirsa sasaran)
•    Tanggapan (response) à (sekumpulan reaksi)

Sementara berdasarkan jenisnya di bagi dapat dibagi dalam dua kategori yaitu :
1.    Komunikasi antar-pribadi ( interpersonal communication ) adalah komunikasi langsung bertatap muka antara dua orang atau lebih
2.    Komunikasi massa yaitu komunikasi yang merujuk pada komunikasi permirsa dalam jumlah besar

Untuk mengembangkan komunikasi yang efektif, maka langkah-langkah yang dapat kita ambil adalah :
a.    Mengidentifikasi khalayak sasaran  (target audience)
b.    Menentukan tujuan-tujuan komunikasi
c.    Merancang pesan
d.    Menyeleksi saluran-saluran komunikasi
e.    Menetapkan jumlah anggaran promosi
f.    Memilih bauran promosi
g.    Mengukur hasil-hasil promosi
h.    Mengelola dan mengkoordinasikan proses seluruh komunikasi pemasaran

Setelah kita mengembangkan akan komunikasi yang efektif, kita juga perlu tahu bagian dari komunikasi pemasaran itu sendiri yang terdiri dari :

A.    Komunikasi produk
      adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi /
      membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar 
      bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan
      yang bersangkutan.

Didalam komunikasi produk ada 3 unsur pokok yang harus kita ketahui yaitu : Pelaku Komunikasi yang menyampaikan pesan dan penerima, (terdiri atas pengirim), Material Komunikasi dan Proses Komunikasi.

B.    Promosi
Promosi adalah upaya untuk mengarahkan seseorang agar dapat mengenal produk perusahaan, lalu memahaminya, berubah sikap, menyukai dan kemudian akhirnya membeli dan selalu ingat akan produk tersebut.

Tujuan Utama Promosi adalah :
1. Menginformasikan (informing)
2. Membujuk pelanggan sasaran (persuasive)
3. Mengingatkan (reminding)

Bauran Promosi kebanyakan strategi promosi menggunakan beberapa “ramuan” yang mungkin meliputi penjualan pribadi, pengiklanan, promosi penjualan, dan hubungan masyarakat-untuk mencapai target pasar kombinasi tersebut dikenal dengan bauran promosi.
    
Faktor- faktor bauran promosi meliputi :
•    Sifat Produk
•    Tahapan dalam Daur Hidup Produk
•    Karakteristik Target Pasar
•    Jenis Keputusan Pembelian
•    Dana yang Tersedia
•    Strategi Push dan Pull

Cara  agar perusahaan dapat mengembangkan Program Pemasarannya adalah melalui:
1.    Iklan (advertising)
2.    Penjualan perorangan (personel selling)
3.    Promosi penjualan (sales promotion)
4.    Hubungan masyarakat (public relation)
Tahap-tahap mengembangkan bauran promosi :
1.    Menentukan tujuan-tujuan promosi
2.    Merancang Pesan
3.    Memilih saluran
4.    Menyiapkan Anggaran Perusahaan
5.    Memilih bauran promosi
6.    Mengevaluasi hasilnya

C. Periklanan
Periklanan merupakan sebuah bentuk promosi yang impersonal (iklan idak bersifat memaksa audience untuk memperhatikan dan menanggapinya, karena merupakan komunikasi yang monolog) dan ia meliputi aktivitas mentranmisi pesan-pesan standar kepada sejumlah besar penerima pesan yang dijadikan sasaran.
     Jenis-Jenis Iklan :
1.    Iklan merek (brand advertising)
2.    Iklan kerjasama (cooperative advertising)
3.    Iklan korporasi (institutional) (corporate-institutional-advertising)

Tujuan dari Iklan itu sendiri adalah : Membangun, Mengubah, dan Memperkuat kembali Sikap.
Fungsi utama dari Iklan :
1.     menginformasikan
2.     mempengaruhi
3.     mengingatkan
4.     menciptakan
    
Sifat sifat dari iklan :
•    public presentation
•    pervasiveness
•    amplified expressiveness
•    impersonality

Iklan dapat diklasifikasikan berdasarkan berbagai aspek, yaitu:
a. Aspek isi Pesan
•    product advertising
•    institutional advertising
b. Aspek Tujuan
•    pioneering advertising (informative advertising)
•    competitive advertising (persuasive advertising)
•    Reminder advertising
•    Media cetak
•    Media elektronik
•    Media Luar ruang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar